Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Menanam dan Merawat Tanaman Aglonema

Di era pandemi, banyak orang yang mempunyai kegemaran baru yakni bercocok tanam. Untuk isi rutinitas saat di rumah, beberapa orang yang saat ini mulai mengumpulkan beberapa tanaman hias. Tidak hanya bisa hilangkan kejenuhan, adanya tanaman di dalam rumah, membuat udara menjadi lebih sejuk.

Lantaran hal itu, sekarang banyak tanaman hias yang populer. Diantaranya ialah aglonema. Aglonema, kerap dikatakan atau diberi julukan 'Chinese evergreens'. Tanaman hias ini datang dari wilayah tropis dan sub tropis di Asia.

Tanaman Aglonema

Beberapa macam Tanaman Aglonema cukup terkenal di Asia Tenggara dan diantaranya di Indonesia. Ini karena tanaman hias tipe tanaman aqlonema ini mempunyai warna serta corak daun yang elok. Dedaunan tanaman aqlonema bisa berbentuk kombinasi bercak-bercak merah, merah muda, perak, hijau, kuning atau krem yang menonjol dan bisa dipakai untuk hidupkan dan memberi warna rumah.

Tidak hanya penampilannya, tanaman yang dipanggil sebagai sang ratu daun ini dapat memberi fungsi bila ditempatkan dalam ruang. Masalahnya tanaman ini bisa meresap polutan hingga membuat udara disekelilingnya jadi bersih.

Tanaman aqlonema lebih tahan dengan udara di Indonesia lantaran tanaman hias tipe tanaman aqlonema tidak kuat dalam udara dingin dan memerlukan situasi keadaan yang hangat agar dapat tumbuh dengan normal. Sedang lingkungan yang hangat gampang didapat di Indonesia.

Untuk menjaga aglaonema sendiri pun tidak susah. Apa lagi tanaman ini tidak memerlukan banyak konsumsi sinar matahari hingga dapat ditempatkan dalam ruang. Bila kamu menanam tanaman aqlonema , ada satu yang perlu dikenang buat perawatannya, yakni dengan selalu mengontrol temperatur seputar tanaman lebih hangat serta lembab.

Untuk pemula, tentu saja tidak gampang untuk membudidayakan tanaman ini. Di bawah ini akan kita ulas bagaimanakah cara membudidayakan anakan tanaman aqlonema yang dikutip dari bermacam sumber. Aglomma yang sulit berkembang biak umumnya ada banyak permasalahan. Diantaranya ialah lingkungan atau keadaan tumbuh tanaman ini yang kurang pas atau mungkin tidak tepat. Situasi yang tidak bagus akan membuat tanaman aqlonema tidak beranak walau telah rajin disiram atau dipupuk.

Walau sudah lakukan banyak usaha, tanaman aqlonema yang akan tumbuhkan anakannnya kemungkinan memerlukan saat yang relatif lama, dapat sampai 2-3 tahun lama waktunya. Nah, bila belum tumbuh tunasnya dan kita ingin cepat punyai anakan tanaman aqlonema di bawah ini tips-nya.

1. Mulai dengan tempat tanam tanaman aqlonema yang subur dan gembur

Persiapkan tempat tanam tanaman aqlonema yang bagus, yakni tanah yang subur serta gembur. Tempat tanam ini benar-benar tentukanakan atau anakan tanaman aqlonema. Karena, tempat tanam yang subur bisa mendukung tanaman aqlonema untuk berkembang dan tumbuh.

2. Tidak boleh masukkan tempat tanam tanaman aqlonema sampai penuh ke pot

Isikan tempat tanam tanaman aqlonema ini dengan 1/2 pot saja. Berarti, jangan sampai masukkan tempat tanam sampai penuh ke dalam mulut pot. Tempat tanam yang penuh, apa lagi ditanamkan sangat dalam jauh ke landasan pot, pasti mempersulit tunas tanaman aglonema untuk tumbuh. Jikapun tumbuh, tentu memerlukan saat yang relatif lama.

Disamping itu, perputaran udara bisa menjadi makin jelek karena karena sangat dalamnya tanaman diuruk, bisa saja kian media tanamnya turun dan memada akibatnya tunas tanaman aglonema nya terlambat merayap ke atas tempat tanam.

3. Siram secara berkala serta seperlunya saja

Air memang bermanfaat untuk meleburkan elemen hara yang ada pada tanah, selanjutnya membawanya ke semua jaringan tanaman. Maka tanaman aqlonema perlu air untuk tumbuh dan hasilkan tunas-tunas yang baru.  kita harus berhati-hati dalam menyirami air ke media media tanaman, janganlah sampai berlebihan, seperti sampai menggenang dan keluar lewat lubang drainase. Siram tanaman aglonema nya sama air seperlunya saja atau sekedar membasahi untuk melembabkan media tanamnya.

4. Gemburkan tempat tumbuh tanaman tiap 2-4 minggu sekali

Tanah atau media tumbuh yang gembur, bisa percepat tanaman aglonema beranak. Karena, tanah yang gembur itu aerasi atau perputaran udara dalam tanah jadi makin bagus. Akar-akarnya jadi gampang bergerak untuk cari gizi dan tunas anyarnya akan gampang menyembul ke atas.

5. Siram sama air beras tiap dua minggu sekali

Panduan ini umum dipakai untuk menjaga tanaman hias. Nah, tanaman tanaman aqlonema bisa juga memakai air sisa cucian beras ini supaya cepat beranak. Maka siramkan air cucian beras ini pada tanaman aqlonema secara periodik. Janganlah lupa untuk menempatkan pot tanaman aglonema di lokasi yang terkena cahaya matahari tidak langsung alias di lokasi yang teduh.

Posting Komentar untuk "5 Tips Menanam dan Merawat Tanaman Aglonema"